TUGAS 2 - ETIKA BISNIS PADA PERUSAHAAN MODERN
Nama
: Misael Rendy
NIM :
01219163
Manajemen
A1
Tugas
2 Etika Bisnis
ETIKA BISNIS
PADA PERUSAHAAN MODERN
PT.
FRISIAN FLAG INDONESIA
Etika bisnis
adalah istilah yang
biasanya berkaitan dengan
perilaku etis atau tidak
etis yang kemudian dilakukan oleh
Manajer atau pemilik
suatu organisasi. Etika
mempengaruhi perilaku pribadi
kita di lingkungan kerja.
Etika telah
berkembang di kehidupan
masyarakat di Indonesia
saat ini. Jika
kita dapat mempergunakannya
dengan baik maka etika kita akan memberikan dampak yang positif terhadap bisnis
kita, dan bisnis kita akan berjalan dengan baik. Karena dengan memiliki dan
melaksanakan etika kita dapat bersaing dengan perusahaan lain tanpa menyakiti
pihak manapun. Jadi penegakan etika bisnis penting artinya dalam menegakan
iklim persaingan usaha sehat yang kondusif.
Penerapan
etika bisnis pada PT. Frisian Flag Indonesia Perusahaan senantiasa
mendorong kepatuhan terhadap
standar etika dan
berkomitmen untuk mengimplementasikannya,
serta mewajibkan seluruh
pimpinan darisetiap tingkatan bertanggungjawab untuk
memastikan bahwa pedoman
perilaku dipatuhi dan
dijalankan dengan baik pada
jajaran masing-masing.
Menurut
(Psychologymania, 2013) pengertian Code of Conduct atau Pedoman Perilaku adalah
merupakan kode atau aturan atau tata tertib di dalam perusahaan.Code of Conduct
adalah pedoman internal perusahaan yang berisikan system nilai, etika
bisnis, komitmen serta
penegakan peraturan-peraturan
perusahaan bagi individu
dalam menjalankan bisnis
dan aktifitas lainnya
serta berinteraksi dengan
Stakeholders.
Menurut sumber
dari situs resmi PT.
Frisian Flag Indonesia/FFI
(Frisian Flag Indonesia,2015) objektifitas friesland campina ialah
memproduksi, mengolah dan
memasarkan susu, buah serta
hasil olahannya sdedemikian
rupa dengan maksud
menciptakan suatu nilai
yang dapat dipertahankan
dalam jangka panjang
bagi konsumen, pelanggan,
pemegang saham, karyawan, rekan bisnis dan komunitas dimana
Friesland Campina beroperasi. Untuk dapat menciptakan nilai ini, prioritas
FFI ialah menjadi
suatu kegiatan yang
menguntungkan dan meningkatkan
kualitas penjualan serta keuntungan dengan cara meningkatkan proporsi
dari total penjualan
dari produk yang beragam,
FFI menyadari bahwa
mempertahankan loyalitas dan
kepercayaan dari stakeholders
FFI merupakan hal yang amat penting dalam mencapai objektifitas diatas.FFI
berharap dapat meraih kepercayaanini dengan cara berperilaku manajemen dengan
baik,Bertanggung jawab untuk memastikan
bahwa seluruh karyawan menyadari
adanya ketentuan-ketentuan ini
dan berperilaku sesuai
dengan ketentuan tersebut.
Reputasi perusahaan FFI dibangun dari perilaku
masing-masing karywannya, bersama-sama
FFI membangun perusahaan dairy milk
ini dan untuk
memastikan kelancaran usaha,
diharapkan seluruh karyawan
bersama-sama mematuhi kode etik ini.
Pedoman Kode
Etik Perusahaan ini digunakan
sebagai landasan untuk
membentuk dan mengatur tingkah
laku yang konsisten
berdasarkan prinsip-prinsip berkesadaran
etis (ethical sensibility), berpikir
etis (ethical reasoning),
dan berperilaku etis
(ethical conduct) sebagai bagian upaya
menumbuhkan integritas yang
tinggi. Pada akhirnya,
integritas tinggi yang menyertai penerapan tata kelola yang
baik akanmenjamin perwujudan visi, misi, falsafah, nilai-nilai, dan budaya
perusahaan.
Pokok-Pokok Kode
Etik
Pedoman Kode
Etik Perusahaan menjelaskan kebijakan perilaku perusahaan,
jenis-jenis pelanggaran,
mekanisme pengaduan pelanggaran
dan sanksi bagi
pelanggaran yang terjadi. Kebijakan perilaku
mengatur hal-hal yang
menjadi tanggung jawab
Perseroan, individu jajaran Perseroan maupun pihak lain yang
melakukan bisnis dengan Perseroan, meliputi;
a.Etika Bisnis
Perseroan
Merupakan penjelasan
tentang bagaimana sikap
dan perilaku Perseroan
sebagai suatu entitas bisnis bersikap, beretika, dan
bertindak dalam upayamenyeimbangkan kepentingan Perseroan dengan kepentingan
stakeholder sesuai dengan prinsip-prinsip GCG dan nilainilai korporasi yang
sehat.
b.Etika Perilaku
Individu.
Merupakan penjelasan tentang bagaimana individu jajaran perseroan dalam berhubungan, bersikap, beretika dan bertindak sesuai kaidah-kaidah dan ketentuan yang berlaku. Menyadari bahwa mempertahankan loyalitas dan kepercayaan dari stakeholder kami merupakan hal yang amat penting dalam mencapai objektivitas di atas.PT. Frisian Flag Indonesiaberharap dapat meraih kepercayaan ini dengan cara berperilaku manajemen bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh karyawan menyadari adanya ketentuan-ketentuan ini dan berperilaku sesuai dengan ketentuan tersebut.Reputasi perusahaan dibangun dariperilaku masing-masing karyawannya, bersama-sama kita bangun perusahaan ini dan untuk memastikan kelancaran usaha kita, mari bersama –sama mematuhi kode etik ini.Tanggung jawab sosial juga merupakan juga hal yang penting. Tanggung jawab sosial adalah sebuah konsep dimana sebuah perusahaan terhubung dengan sosial dan lingkungan sekitar dalam hal proses bisnis dan interaksi perusahaan dengan stakeholdernya. Tanggung jawab sosial dunia bisnis tidak saja berorientasi pada komitmen sosial yang menekankan padapendekatan kemanusiaan, belas kasihan, keterpanggilan religi atau keterpangilan moral, dan semacamnya, tetapi menjadi kewajiban yang sepantasnya dilaksanakan oleh para pelaku bisnis dalam ikut serta mengatasi permasalahan sosial yang menimpa masyarakat.
Dalam pandangan
sempit perusahaan dianggap
sudah dianggap melaksanakan
etika bisnis bilamana perusahaan
yang bersangkutan telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya
Frisian Flag
Indonesia tidak hanya
memproduksi susu yang
berkualitas tinggi namun
juga melakukan beragam kegiatan pengembangan masyarakat sebagai bentuk
tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, peternak, pemegang saham, komunitas
dan lingkungandalam segala aspek operasional
perusahaan.di Indonesia FFI
Berupaya menunjukan komitmen
tersebu dengan menjawab tiga
tantangan global. Yaitu ketahanan gizi dengan programnya (SEANUTS, Gerakan Nusantara dan
pembinaan lingkungan sekitar),
dukungan terhadap peternak
sapi perahdengan programnya (FDOV,
dairy Development Program,
Concultancy pool dan
farmer to farmer) dan program keberlanjutan seperti waste water
treatment.
Pelanggaran yang
Mungkin Dilakukan PT. Frisian Flag Indonesia
Tanpa
Etika Bisnis Dampak pencemaran lingkungan
yang timbul akibat
limbah pabrik PT.
Frisian Flag Indonesiatanpa adanya etika bisnis dalam
tanggung jawab sosial :
1.Dampak
Pencemaran airAir yang telah
tercemar dapat mengakibatkan
kerugian terhadap manusia
juga ekosistem yang ada didalam air. Kerugian yang
disebabkan oleh pencemaran air dapat berupa : Air tidak dapat digunakan lagi
untuk keperluan rumah tangga, hal ini diakibatkan oleh air sudah tercemar sehingga
tidak bisa digunakan
lagi apalagi air
ini banyak manfaatnya
seperti untuk diminum, mandi,
memasak mencuci dan lain-lain.
2.Dampak
Pencemaran Udara Dengan dibangunnya pabrik
di perkotaan asapnya
dapat mengakibatkan polusi
udara sehingga menganggu kenyamanan
bagi para pemakai
jalan. Apabila udara
telah tercemar maka
akan menimbulkan penyakit seperti sesak napas.
Upaya yang dapat
dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi pelanggaran antara lain:
1.Penegakkan budaya
berani bertanggung jawab
atas segala tingkah
lakunya. Individu yang mempunyai kesalahan jangan bersembunyi
di balik institusi. Untuk menyatakan kebenarankadang dianggap
melawan arus, tetapi
sekarang harus ada
keberanian baru untuk menyatakan pendapat.
2.Ukuran-ukuran yang dipakai untuk mengukur kinerja jelas.
Bukan berdasarkan kedekatan dengan
atasan, melainkan kinerja.
3.Pengelolaan
sumber daya manusia harus baik.
4.Visi dan misi perusahaan jelas yang mencerminkan tingkah laku organisasi
Menurut Persepsi
Saya
1.PT
Frisian Flag Indonesia telah menggunakan etika dalam melakukan bisnisnya.
2.Pelanggaran-pelanggaran seperti pencemaran lingkungan
dapat terjadi apabila
PT Frisian Flag tidak menggunakan
etika bisnis.
3.Berbisnis
dengan etika bisnis adalah menerapkan aturan-aturan umum mengenai etika pada
perilaku bisnis. Etika
bisnis menyangkut moral,
kontak sosial, hak-hak
dan kewajiban, prinsip-prinsip dan aturan-aturan.
#narotamajaya
#suksesituaku
#pebisnismudanarotama
#generasiemas
#thinksmart
#bangganarotama
Komentar
Posting Komentar